Banyak banget yang menulis fakta-fakta unik mengenai dirinya sendiri. Di facebook, blog dan medosos lainnya bisa kita temukan itu. Tadinya, saya tidak tertarik untuk mengikuti ide di atas, tetapi karena beberapa pertimbangan akhirnya pikiran itu berubah."Tidak ada salahnya untuk dicoba...".

Kira-kira dari 17 fakta ini, para pembaca bisa mengenal karakter dan sifat yang ada dalam diri saya. Mungkin kepribadian saya juga bisa ditebak, heeheee. Salah satu alasan kenapa saya menuliskan fakta-fakta ini di blog pribadi, tak lain supaya yang belum kenal bisa lebih mengenal lagi.

1. Terlahir ke dunia ini dengan memiliki saudara kembar yang identik (katanya sih). Meskipun nama yang disematkan ke kami tidak seperti anak kembar yang lainnya. Amir Hamzah dan Tajul Arifin, inilah nama kami. Karena punya embel-embel kembar itulah, kenapa akhirnya saya senang menggunakan kata "twin(s)boy" (sengaja huruf 'S' diletakan di tengah) sebagai pembeda dengan yang lainnya (meski salah secara penulisan).

2. Dari kecil sudah terbiasa menggembala kambing. Bahkan hingga lulus sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) masih menggembala kambing. Sebab kalau tidak menjalankan tugas yang satu ini, bisa kena marah dan tidak mendapat jatah makan sore.Itu hukuman yang harus diterima, bila berani membantah tugas dari orang tua.

3. Sudah terbiasa mandiri dari kecil. Misal, pakaian yang kami kenakan, sudah jadi tanggung jawab sendiri-sendiri. Urusan mencuci baju orang tua sudah tidak mengurusi. Waktu sekolah SD, khusus seragam masih dicuci orang tua. Sudah masuk Madrasah Tsanawiyah, semuanya kami lakukan sendiri, termasuk menyetrika seragam sekolah.

4. Semenjak SD hingga Madrasah Aliyah (MA) tidak suka jajan. Karena tidak pernah punya uang untuk jajan. Kalau pun punya, tidak berani untuk jajan. Seolah ada rasa malu aja,  karena biasanya juga enggak jajan. Alasan yang paling mendasarnya, yaitu takut ditanya “Tumben nih jajan… biasanya juga enggak..”

5. Ketika Sekolah Dasar, dibuatkan kursi khusus. Jangan dibayangkan zaman kami sekolah fasilitasnya seperti sekarang ya.Dulu jumlah kursi dan meja minim. Bentu kursinya kayak model sekarang, di sebelah kanan kursi ada tempat untuk menulis. Jadi, selama duduk dari kelas 2 hingga lulus, duduknya di kursi itu. Tiap tahun kursinya juga ikut naik kelas.

6. Pernah juara lomba mata pelajaran Bahasa Indonesia, ketika ikut lomba di kecamatan. Waktu itu antara kelas 5 atau kelas 6 SD pokoknya, lupa-lupa ingat gitu. Hadiahnya cuma piagam kala itu, dan tahunya dari wali kelas pas diumumin di kelas. Serifikat/piagamnya itu tinggal kenangan, sudah raib di peristiwa tahun 2000.

7. Selalu dapat rangking dari kelas satu hingga kelas 6 SD. Bahkan dapat nilai terbesar ketika ujian pelulusan Sekolah Dasar. Bukan maksud untuk dibanggain atau niat pamar juga sih, justru karena dianggap biasa saja, makanya ditulis. Malah yang luar biasa gak dicantumin heehee..

8. Ketika sekolah di Madrasah Tsanawiyah, prestasi melorot menjadi ke-3. Pernah, pas awal masuk caturwulan pertama, mendapat ucapan SELAMAT dari guru matematika langsung, karena di awal tes nilai matematika paling besar di antara teman sekelas, dan itu mmcukup mengesankan sekali.

9. Pernah mengalami kejadian yang luar biasa, dan tak akan pernah dilupakan.Tepatnya bulan Desember tahun 2000. Rumah terbakar karena terjadi arus pendek di kabel atas. Tak butuh lama, dan hanya beberapa menit, bangunan rumah sudah rata dengan tanah dan menjadi arang. Tidak ada benda apa pun yang sempat dibawa, hanya pakaian yang dikenakan waktu itu. Peristiwa ini terjadi kira-kira pukul 01.00 dini hari.

10. Tinggal di "rumah sementara" yang hanya berdindingkan batu-bata, sebagai tempat sementara. Bentuknya persegi, atapnya ada genting dan hateup (dari daun kirai) dan cuma satu ruangan alias tidak ada kamar. Tidur dengan tikar seadanya dan mengandalkan pakaian sumbangan dari saudara-saudara. Memilih tinggal sementara di sana, karena tidak mau merepotkan saudara yang lain.

11. Meski mengalami masa-masa yang sulit, tetapi akhirnya semua itu dilewati dan bisa bangkit. Butuh motivasi yang besar untuk bisa bangkit; melupakan semua yang telah terjadi, dan belajar mengkhlaskan semuanya. Lalu merubahnya dengan rasa syukur yang tiada tara, sebab masih diberikan kesempatan hidup.

12. Menjalani masa sekolah Madrasah Aliyah (MA) yang lebih lama, yaitu 4 tahun. 1 tahun digunakan untuk pengenalan program bahasa. Wajar telat dijalan, dan teman-teman yang lain sudah pada lulus juga. jadi serba tertinggal.

13. Nganggur selama satu tahun selepas lulus dari pesantren. Awalnya mau kuliah dengan mengandalkan info beasiswa yang ada. Tetapi setelah dicari-cari akhirnya tidak lolos dan ada juga yang telat daftarnya.

14. Penyuka celana bahan. Hampir semua celana yang dipunyai bentuk dan modelnya sama, warnanya juga yang gelap. Tetapi, baru-baru ini suka dengan celana levis. Meskipun alasan utama gak suka levis karena malas mencucinya.

15. Punya kemeja, celana dan sandal yang (sampai saat ini) masih tetep awet meski sudah dipakai dari tahun 2008. Selama seminggu sekali masih sering dikenakan. Meski warnanya mulai sedikit berubah dan agak kusam.

16. Punya cita-cita pengen punya sanggar, komunitas belajar, syukur-syukur punya pesantren khusus orang-orang hebat. Punya tempat kursus juga atau semacam tempat untuk memberikan pelatihan berupa soft skill bagi masyarakat, sehingga mereka bisa mandiri dan mengembangkan kemampuan soft skillnya sendiri-sendiri (mandiri).

17. Punya komunitas diskusi dan organisasi yang memberikan edukasi bagi semua level usia. Tujuannya supaya bisa membumbing, membangun, mencerdaskan, dan mengembangkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi kemajuan zaman.

Sebetulnya masih banyak lagi fakta-fakta lain yang belum saya tulis. Bahkan bisa jadi jumlahnya lebih dari angka 17 juga, tetapi setidaknya yang sedikit ini semoga sudah bisa mewakili. []

--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme