Metode ialah jalan atau cara yang ditempuh oleh guru
untuk menyampaikan materi pelajaran kepada murid. Metode merupakan
rencana yang menyeluruh yang berhubungan dengan penyajian materi
pelajaran secara teratur dan tidak saling bertentangan. Oleh karena
itu setelah guru memikirkan cara menyampaikan materi pelajaran tersebut
dengan memperhatikan tujuan umum dan tujuan khusus serta memperhatikan
keadaan murid, guru perlu memikirkan variasi metode yang paling
sesuai dengan materi dan kondisi siswa, karena tidak ada satu metode
disamping mempunyai kelebihan juga kekurangan.Pemilihan dan penggunaan
metode pengajaran hendaklah didasarkan pada tujuan yang ingin dicapai,
materi yang disampaikan, kondisi anak serta metode tersebut mampu
membangkitkan dan mengembangkan aktifitas belajar siswa, bahkan karena
begitu pentingnya keterampilan guru untuk memilih metode yang tepat
dan sesuai dengan proses belajar mengajar.
Salah satu bidang studi yang diajarkan di MTS Negeri
Salatiga ialah fiqih. Fiqih secara umum merupakan salah satu bidang
studi islam yang banyak membahas tentang hukum yang mengatur pola
hubungan antara manusia dengan Tuhan-Nya, antara manusia dengan
manusia, dan manusia dengan lingkunganya. Melalui bidang studi fiqih ini
diharapkan siswa tidak lepas dari jangkuan norma-norma agama dan
menjalankan aturan syari’at Islam.
Fiqih ialah praktek kebiasaan hidup sehari-hari yang
secara teknis berkaitan dengan hukum islam, sehingga semua aktifitas
pada akhirnya bermuara pada hukum. Dengan sendirinya, penguasaan akan
fiqih sangat menentukan kualitas pemahaman seseorang terhadap disiplin
ilmu yang lainnya seperti kajian tafsir, hadis dan lain sebagainya.
Ilmu fiqih menyangkut kehidupan umat setiap hari, baik yang berkaitan
dengan khablum minallah (ibadah) maupu khablum minannas (muamalah).
Metode Modeling The Way merupakan salah satu metode
yang cukup efektif untuk dipilih sebagai alternatif bagi pembelajaran
fiqih untuk siswa, karena metode ini memberi siswa kesempatan untuk
berlatih melalui demonstrasi keterampilan khusus yang diajarkan di
kelas. Modeling The Way adalah alternative yang tepat untuk bermain
peran. Peserta didik diberi waktu yang singkat untuk membuat
skenarionya sendiri menentukan bagaimana mereka ingin menggambarkan
kecakapan dan teknik yang baru saja dilakukan di kelas.
Metode Modeling The Way dalam pengajaran fiqih
dilakukan setelah guru selesai mengajarkan satu topic tertentu.
Identifikasi beberapa situasi umum dimana siswa dituntut untuk
menggunakan keterampilan yang baru dibahas. Siswa dikelompokkan sesuai
dengan jumlah keperluan siswa untuk mendemonstrasikan skenario
(skenario bacaan dan tindakan) yang diberikan oleh guru, sehingga
menjadi pengetahuan dan keterampilan yang melekat pada diri siswa.
Metode Modeling The Way ini tepat digunakan untuk mengajarkan salah
satu materi fiqih terhadap siswa Madrasah Tsanawiah dan lebih efektif
dibandingkan dengan metode yang lain, dikarenakan siswa dituntut untuk
skenario tersendiri dalam memahami suatu materi yang diajarkan.
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.