Motivasi adalah “pendorongan” suatu usaha yang
disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia bergerak
hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau
tujuan tertentu. Motivasi merupakan satu komponen yang paling
penting dalam pengajaran yang efektif. Siswa yang memiliki keinginan
belajar/motivasi yang besar dapat saja belajar tentang segala sesuatu.
Indikator adanya motivasi belajar adalah tekun menghadapi tugas
matematika, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat terhadap
bermacam- macam masalah, lebih sering bekerja sendiri, tidak bosan
terhadap tugas- tugas rutin, dapat mempertahankan pendapat, dan sering
membaca dan memecahkan masalah dari soal- soal.
Minat adalah kecenderungan untuk selalu
memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus- menerus, minat ini
erat kaitannya dengan dengan perasaan senang, karena itu dapat
dikatakan minat itu terjadi karena sikap senang terhadap sesuatu, orang
yang senang terhadap sesuatu berarti ia sikapnya senang kepada
sesuatu. Minat selalu membangkitkan pemusatan pemikiran, juga
menimbulkan kegembiraan dalam usaha belajar, keriangan hati akan
memperbesar daya kemampuan belajar seseorang, juga membantunya untuk
tidak mudah melupakan apa yang dipelajarinya itu. Belajar dengan
perasaan yang tidak gembira, akan membuat pelajaran itu tambah berat.
Peranan guru yang paling dalam upaya pengembangan
minat belajar siswa, diantaranya: (1) guru melalui peranannya sebagai
demonstrator senantiasa mengasai bahan dan materi yang diajarkan,
mengemmbangkan dan meningkatkan ilmu yang dimiliki karena sangat
menentukan minta belajar pada siswa;(2) metode yang digunakan dalam
proses belajar mengajar sangat beragam; (3) media yang digunakan dalam
pembelajaran sangat beragam; (4) dalam mengatasi siswa yang kesulitan
belajar, guru memberikan tambahan waktu belajar diluar jam
pelajaran, dengan tidak melupan komunikasi kepada orang tua siswa; (5)
sebagai profesi yang mulia, guru dituntut mencintai profesinya supaya
dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh keikhlasan dan menyenangkan
peserta didiknya.
Hasil belajar adalah kemampuan atau kecakapan
kognitif yang diperoleh siswa melalui proses pembelajaran yang
dinyatakan dalam angka-angka yang diukur dengan menggunakan alat tes
(evaluasi) yang standar setelah diukur dengan alat tes (evaluasi) yang
standar.Hasil belajar merupakan penilaian suatu hasil pelaksanaan
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru yang dilambangkan dengan
angka-angka yang merupakan aktualisasi dari kemampuan siswa.
Berdasarkan hasil belajar tersebut guru dapat mengetahui tingkat
keberhasilan belajar siswanya. Jika hasil belajarnya masih rendah,
seorang guru harus berusaha menemukan kekurangan/hambatan dalam
pelaksanaan pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil
belajar siswa baik faktor internal dari diri siswa itu sendiri maupun
faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa adalah faktor psikologis. Dari sekian banyak
faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya dalam hal ini
pelajaran matematika adalah faktor minat dan motivasi. Minat diartikan
sebagai ketertarikan terhadap sesuatu .
Peranan lembaga pendidikan, termasuk Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 1 Ngali sangat menentukan dalam mengajarkan agama
dan akhlak mulia dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
pada peserta didik. Karena itu peningkatan kualitas berhubungan dengan
berbagai unsur/pihak yang terlibat dalam kegiatan pendidikan perlu
terus dilakukan agar mencapai hasil yang bagus. Perlu kita ingat bahwa
salah satu indikator keberhasilan dalam pembelajaran adalah jika
siswa atau peserta didik memperoleh hasil belajar yang bagus/tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.