Penelitian merupakan salah satu penunjang dalam perkembangan ilmu
pengetahuan, tanpa adanya penelitian ilmu pengetahuan tidak akan
bertambah maju. Ada tiga syarat penting yang harus diperhatikan dalam
melakukan penelitian, yaitu:
1. Sistematis, artinya dilaksanakan menurut pola
tertentu dari yang paling sederhana sampai kompleks hingga tercapai
tujuan secara efektif dan efisien.
2. Berencana, artinya dilaksanakan dengan adanya unsur kesengajaan dan sebelumnya sudah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya.
3. Mengikuti konsep ilmiah, artinya mulai awal
sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang sudah
ditentukan, yaitu prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu
pengetahuan.
Macam-macam Metode Penelitian
Dalam melakukan penelitian, orang dapat menggunakan berbagai macam
metode. Keputusan mengenai metode yang akan dipakai akan tergantung
kepada tujuan, pendekatan, bidang ilmu, tempat, sifat masalah yang
digarap dan alternatif yang mungkin digunakan.
1. Penelitian Ditinjau dari Tujuan
a. Penelitian Eksploratif
Digunakan apabila peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab akibat atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu.
b. Penelitian Developmental
Dilakukan percobaan dan penyempurnaan.
c. Penelitian Verifikatif
Bertujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian lain.
2. Penelitian Ditinjau dari Pendekatan
a. Pendekatan Longitudinal
Pada metode ini, sample subjek yang sama
dipelajari dalam waktu tertentu. Metode ini memungkinkan adanya
penyelidikan intensif terhadap individu karena peneliti menyimpulkan
data tentang subjek yang sama pada berbagai tingkatan. Kelemahan metode
ini, antara lain:
1) Menuntut adanya komitmen dari
individu atau lembaga yang bersedia menyediakan waktu, uang dan sumber
daya lainnya selama beberapa tahun.
2) Jika dampel yang dipilih jelek, tak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.
3) Tidak dapat menambah variabel baru.
4) Sulitnya mempertahankan kerjasama subjek dalam waktu yang lama.
b. Pendekatan Cross-sctional
Metode ini meliputi lebih banyak subjek,
tetapi mencandra faktor-faktor pertumbuhan yang lebih sedikit. Kelemahan
dari metode ini adalah:
1) Perbedaan yang ada pada sampel-sampel dapat membuat penyidikan ini sangat luas.
2) Kemungkinan adanya variabel luar yang telah menimbulkan perbedaan diantara populasi-populasi yang ditarik sampelnya.
3. Penelitian Ditinjau dari Bidang Ilmu
Ragam penelitian ditinjau dari bidangnya
adalah penelitian terhadap pendidikan, keteknikan, ruang angkasa,
pertanian, perbankan, kedokteran, keolahragaan dan sebagainya.
4. Penelitian Ditinjau dari Tempatnya
a. Penelitian Laboratorium
b. Penelitian Perpustakaan
c. Penelitian Lapangan
5. Penelitian Ditinjau dari Sifat Masalahnya
Berdasarkan sifat-sifat masalahnya, metode penelitian dapat digolongkan menjadi sembilan, dapat dilihat pada tabel berikut:
Metode Penelitian
|
Tujuan
|
Ciri-ciri
|
Langkah-langkah
Pokok
|
Penelitian Historis |
Membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan
objektif dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi serta
mensistensikan bukti-bukti untuk menegakkan fakta.
|
|
|
Penelitian Deskriptif |
Membuat pencandraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi.
|
|
|
Penelitian Perkembangan |
Untuk menyelidiki pola dan perurutan pertumbuhan dan atau perubahan sebagai fungsi waktu
|
|
|
Penelitian Kasus dan Penelitian Lapangan |
Untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan sesuatu unit sosial.
|
|
|
Penelitian korelasional |
Untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu
faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor
lain berdasarkan pada koefisien korelasi
|
|
|
Penelitian Kausal-Komparatif |
Untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat
dengan cara berdasar atas pengamatan terhadap akibat yang ada mencari
kembali faktor yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu
|
|
kepustakaan
|
Penelitian Eksperimental-Sungguhan |
Untuk menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab
akibat dengan cara mengenalkan kepada satu atau lebih kelompok
eksperimental satu atau lebih kondisi perlakuan dan memperbandingkan
hasilnya dengan satu atau lebih kelompokn kontrol yang tidak dikenai
kondisi perlakuan
|
|
|
Penelitian Eksperimental Semu |
Untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi
informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang diperoleh
dengan eksperimen yang sebenarnya dalam keadaan yang tidak
memungkinkan untuk mengontrol dan atau memanipulasi semua variabel
yang relevan.
|
|
|
Penelitian Tindakan |
Mengembangkan keterampilan-keterampilan baru atau cara
pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung
didunia kerja
|
|
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.