Pulang, itulah kata yang memiliki kontotasi yang sangat luas. Kata pulang sering kita gunakan ketika akan meninggalkan suatu tempat, dan biasanya akan kembali ke rumah. Dalam kamus KBBI, kata pulang itu memiliki arti pergi ke rumah atau ke tempat asalnya. Sehingga ketika seseorang meninggal dunia sering digunakan kata pulang juga, sebagai ungkapan yang lebih halus.

Bahkan ada beberapa istilah yang saat ini tenar di masyarakat kita. Kegiatan ini tidak ada di negara lain dan hanya ada di negara Indonesia. Setiap memperingati hari raya iedul fitri dan iedul adha kita sering menggunakan istilah mudik. Mudik bisa diartikan sebagai pulang ke kampung halaman, disebabkan jaraknya yang jauh.

Kalau kata pulang digunakan bisa kapan saja, misal ketika main ke rumah tetangga. Ketika akan kembali ke rumah tentu menggunakan kata pulang. Sehingga kata pulang itu identik dengan jarak yang dekat. Sedangkan kata mudik digunakan untuk lintas provinsi, pulau, bahkan negara. Biasanya juga, ungkapan kata mudik digunakan bagi orang yang sudah lama menetap di tempat perantauan dan akan kembali lagi.

Sama halnya dengan apa yang akan saya lakukan. Hari Kamis besok (13/06) saya akan mudik ke kampung halaman. Mudik karena sudah lama tidak melihat rumah (padahal sudah punya fotonya di fb). Tak hanya itu, tujuan saya pulang adalah untuk menghadiri acara reuni teman-teman sewaktu Madrasah Aliyah empat tahun yang lalu. Ditambah lagi saya kangen dengan acara perpisahan/pelepasan yang pernah saya rasakan empat tahun yang lalu. Selama itu pula saya belum pernah menyaksikan acara yang begitu berkesan dan menyimpan banyak kenangan.

Semoga perjalanan saya berjalan dengan baik, selamat hingga rumah dan begitu juga ketika balik ke tempat "perantauan". Amiin. Tak banyak yang dapat saya lakukan, bahkan misi mudik saya untuk meminta dukungan do'a dan tak lupa morilnya juga. Semoga perjalanan ini menyenangkan dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Minta do'anya saja ya...[]


--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme