"Yani.." demikian biasa kami (sekeluarga) memanggilnya. Meskipun awalnya tidak tahu pasti nama lengkapnya siapa (termasuk saya pribadi, tidak tahu nama lengkapnya juga) dan baru tahu ketika Yani akan menikah dengan perempuan idamannya. Adapun perempuan yang beruntung itu berasal dari Yogyakarta.

Ahyani salah satu keluarga dari garis bapak. Ia cucu dari kakak bapak, atau dengan kata lain cucuknya Uwa. Bapak dan Uwa memang berasal dari ibu yang berbeda, tetapi semenjak kecil sudah diurus olen nenekku, sebab Ibunya Uwa sudah wafat, demikian ibuku mengisahkannya dulu.

Sebetulnya bukan kali ini saja kami (saya dan Yani) ketemuan di Jogja. Dulu sekitar tahun 2010 kalau tidak salah, kita juga pernah ketemuan di Jogja. Hanya saja beda momennya. Dulu, Bapaknya Rere (calon mertua) Yani, meninggal dunia. Dan dikebumikan di Jogja, Yani waktu itu ikut menemani dan mengantar jenazah sampai ke Jogja.

Saya juga sudah lupa awal-awal pertemuan. Hanya sebentar menemani Yani, karena ada kuliah di pesantren dan kuliah di kampus juga. Tapi waktu itu, (kalau tidak salah) sempat ikut ke pesantren UII dan mandi, terus sekalian dikasih kemeja, karena dari Jakarta tidak bawa pakaian ganti.

Sempat mampir dan dikenalkan dengan keluarganya Rere, tapi karena masih baru tinggal di Jogja jadinya tidak terlalu akrab. Sehingga kenangan itu lupa blas, yang diingat hanya satu, rumahnya sebrang Lotte Mart.

Di penghujung 2014 Yani kembali ke Jogja, tapi kali ini tujuannya untuk meminta izin atau restu dari keluarga Rere yang ada di Jogja. Tak hanya itu, tujuan yang lainnya adalah memberitahu secara lisan kepada saudara-saudara yang ada di Jogja, bahwa pernikahan mereka akan dilaksanakan bulan depan.

Di sinilah saya mulai mengenal lebih dekat dan meraba-raba memori yang sudah terlupakan. Karena sudah lama di Jogja, begitu ketemu dengan orang tua Rere, adiknya, bude, dan bule pun sudah tidak se-canggung ketika awal-awal tinggal di Jogja. Ini keluarga baru saya di Jogja.

Info terbaru (17/02/14) bahwa Rere kini sedang mengandung anak pertama. Usia kandungannya sudah berumur 4 bulan. Semoga Ibu dan bayinya, diberikan kesehatan serta keselamatan ketika lahir ke dunia ini. Semoga juga menjadi anak yang soleh/ah, dan tentunya berguna bagi agama, sesama, nusa dan bangsa.

#sehari300kata

--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme