Terima kasih adalah ucapan yang paling sering kita gunakan untuk mewakili rasa kepuasan terhadap orang lain. Terima kasih juga merupakan ucapan pamungkas untuk menutup sebuah acara dan percakapan. Sehingga, dengan ucapan terima kasih tersebut semuanya menjadi senang dan bahagia. ketika ada yang mengucapkan terima kasih, maka jawabannya adalah sama-sama (terima kasih juga).

Terima dan kasih terdiri dari dua kata. Terima berarti menerima dari orang lain, entah itu berupa fisik atau pun kasat mata. Menerima bantuan, pertolongan atau apapun. Besar, kecil, dirasa, maupun tidak. Sekecil apapun yang kita terima dari orang lain, tak segan kata ini keluar dari dalam mulut kita.

Kasih artinya mengasihi. Mengasihi dalam bentuk perbuatan yang memiliki efek dan dapat dirasakan oleh siapapun. Atau sebuah perbuatan yang bersifat tanpa pamrih (tak perlu balasan). Kasih itu bisa juga berarti memberikan. Jadi, kata terima kasih itu juga berarti bisa menerima dan memberi.

Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. (QS. Al-Insan [67] : 9)

Dua kata sederhana ini sering diajarkan kepada anak-anak kecil. Mereka semenjak kecil sudah dibiasakan dan diajarkan dengan ucapan kata ini ketika menerima sesuatu dari orang lain. Dengan dilatih semenjak kecil, akhirnya anak-anak itu menjadi terbiasa.

Sudahkan kita mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah banyak berjasa? Terima kasih kepada orang tua, guru-guru, teman/sahabat dan 'guru kehidupan'. Rasa terima kasih ini sangat diperlukan karena ini sebagai salah satu ungkapan tak ternilai. Mungkin kita tidak sempat memberikan yang terbaik kepada mereka, tetapi lewat ucapan kata terima kasih seolah semuanya sudah mewakili.

Kenapa harus berterima kasih?
Terima kasih dalam arti yang luas yaitu bisa saja diartikan sebagai bentuk syukur. Syukur atas apa yang sudah diperoleh dari hasil campur tangan orang lain, bahkan Allah swt. Syukur atas nikmat kesehatan, kelapangan, kehidupan, dan semuanya. Sebab jika bukan karenaNya, mana mungkin semuanya bisa dinikmati begitu saja.

Syukur merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Sehingga sekecil apapun yang diperolehnya akan membawa kebahagiaan, sebab itulah jatah yang telah diusahakannya. Selain itu juga syukur mampu mengusir rasa pesimis dan kecewa. 

Apapun yang didapatkan, jumlahnya berapapun akan dikembalikan kepada sang pencipta. Terima kasih ya tuhanku, semoga dengan yang sedikit ini akan menjadi berkah. Mungkin jauh di belahan bumi nan jauh di sana masih banyak yang mengalami kesulitan dan kesusahan.

Berterima kasih merupakan tanda bahwa manusia membutuhkan bantuan dari orang lain. Ia tidak boleh sombong dan congkak atas apa yang dimilikinya atau atas apa yang diusahakannya. Menganggap bahwa orang lain tidak berperan di dalamnya, semuanya murni atas dirinya seorang. Jika ada yang seperti ini berarti ia adalah orang yang angkuh bin sombong.


--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme