Sebentar lagi kakek pensiun. Itulah kabar yang aku terima dari nenek. Sedikitpun kakek tidak merasa ada yang berbeda baginya, setelah pensiun nanti. Pasalnya kakek memiliki segudang pekerjaan yang bisa ia kerjakan disela-sela pensiunnya. Meski pensiun dari pekerjaan kantornya, pekerjaan yang lain masih banyak untuk menantinya.

Kata kakek “gak ada istilah pensiun sebetulnya… ungkapan itu hanya sebagai salah satu kebijakan dari setiap perusahaan atau lembaga saja“. Kalau kita kembalikan kepada agama kita (islam) sebetulnya perpindahan aktivitas dari satu ke aktivitas yang lain itu dimaknai dengan istirahat. Nah, ketika kakek pensiun, berarti secara tidak langsung  sedang istirahat saja. Ungkap kakek datar.

Kakek pernah berkata, jika masa pensiunan kakek saat ini sudah ia fikirkan jauh sebelum kakek memiliki pekerjaan. Kakek sudah mempersiapkan semuanya secara matang, yang ada dalam pikiran kakek bukan harta benda, tetapi anak. Kakek bangga dan puas, karena anak-anaknya sudah bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Bagi kakek, hadiah yang terbesar pada masa pensiunan hanyalah itu.

Kakek tidak memperdulikan harta, jabatan ataupun apapun. Dari anak-anak kecil kakek tidak pernah mempermasalahkan tentang keduniaan. Bagi kakek menjadi manusia yang dapat bermanfaat bagi orang lain itu lebih mulia ketimbang yang lainnya. Pesan kakek buat kami sebagai cucu-cucunya “jadilah orang baik, jadilah orang yang berilmu, jadilah orang yang ikhlas, sebab dunia itu akan mengikuti kalian….“

Inilah masa kebahagiaan kakek yang merasa bangga dengan hasil jeripayahnya semasa hidupnya. Masa pensiunan ini akan kakek isi dengan aktivitas yang lainnya. Sebab kakek orangnya tidak bisa diam, selalu saja ada hal yang bisa ia lakukan. Yang seing kakek lakukan saat ini merawat kebun yang ada di belakang rumahnya.  semoga bermanfaat []
--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme