Ada yang tahu kenapa orang gila tidak pernah sakit??.. tidak pernah mengeluh dan lain sebagainya. Apakah karena mungkin ia sudah tidak memiliki perasaan terkait dengan semua yang ia rasakan ataukah karena ia tidak memiliki pemikiran untuk sesuatu apapun. Sehingga karena kekosongan perasaan atau pemikiran itulah yang menjadikan ia tidak bisa sakit dan tidak bisa mengeluh.

Orang gila yang saya temukan di kota-kota besar, biasanya compang-camping, kotor dan tak terurus bahkan ada yang telanjang bulat. Untuk makan, mereka tinggal mencari di tempat sampah, kalau tidur ya tinggal tidur, terserah mau tempatnya di mana. Meski demikian, mereka tidak pernah sakit atau pun kedinginan. Padahal kalau orang normal pasti enggak akan kuat.

Jika kita bandingkan dengan orang yang waras, orang yang memiliki perasaan atau orang yang normal, maka sangat jauh sekali. Orang yang normal malah kebanyakan mengeluh nya daripada merasa normalnya. Sedikit-sedikit alasan sana-sini dan ini-itu, kebanyakan seperti itu. kenapa ya bisa demikian? apakah konsep hidup yang dipegang dan yang ia jalani salah???

Bagaimanakah memadukan antara kedua sisi ini, dari orang gila yang diambil adalah bagaimana ia menjalani hidup dengan tanpa pikiran dan perasaan (masa bodoh/dianggap biasa saja), Sedangkan dari manusia normal yang diambil adalah bagaimana menerapkan konsep ke-wajar-an dan bergaul dengan orang lain. Sehingga dengan demikian akan menciptakan manusia yang bisa tahan masalah, tahan ejekan, dan tahan segala-galanya deh.

Justru dengan menjadi manusia yang bisa tahan terhadap semua masalah dan bisa mengatasinya adalah keinginan semua orang. Tetapi kenyataannya adalah, ketika ditimpa satu masalah mungkin masih tahan tetapi setelah dua dan tiga masalah ia menjadi lemah, bahkan kalah dengan masalah tersebut.

Saat ini banyak buku-buku juga yang menuliskan judul dengan kata-kata “gila.” sehingga menjadi orang yang gila dalam artian yang positif. Dalam artian ia tetap waras, akan tetapi cara-cara atau metode yang ia jalani benar-benar gila. Jadi intinya, jadilah orang gila dalam hal positif, bukan menjadi orang gila dalam hal negatif.

Mereka yang tidak memiliki kemapanan, bisanya mengambil jalan nekat, dan nekat ini salah satu kegilaan juga. Bahkan pengusaha atau pembisnis sukses adalah mereka yang menggunakan ide-ide gila di setiap langkah untuk memulainya. Oleh sebab itu, menjadi orang gila siapa takut ! Saatnya menjadi orang gila… Anda berani..?

Sesekali bolehlah kita menjadi "orang gila" dan itu sah-sah saja. Keuntungan dari orang gila itu, salah satunya ialah tidak dikenai hukum agama. Ada tiga jenis orang yang tidak dihukumi (hukum tidak diberlakukan) oleh agama. Anak-anak sampai usia baligh, Orang yang tidur sampai bangun dan orang gila. Tapi kalau gila beneran jangan sampe atuh...

Mungkin hal tergila yang pernah saya lakukan dalam hidup ini ada dua. Pertama waktu kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Waktu itu saya berangkat ke Jakarta ikut dengan teman. Tujuannya yaitu ingin main ke tempat teteh, tapi hanya bermodalkan alamat saja, ditambah lagi waktu itu saya belum pernah sekalipun pergi ke ibu kota. Sehingga harus rela dibuat bingung, dan mengerti betul bagaimana kehidupan individualis warga kota jakarta.

Pencarian yang susah payah dan melelahkan itu akhirnya terbayar sudah. Bayangkan dari pagi pencarian dimulai, baru bisa ketemu setelah shalat ashar, dan pencarian itupun hanya menggunakan perjalanan kaki. Sehingga setiap gang-gang itu saya masuki dan tanya kesana-kesini. Ya itu jawaban mereka membingungkan, kata si A kesini begitu tanya ke si B kesitu. Bahkan ada yang bilang alamat ini salah.

Pengalaman gila yang kedua, ini terinspirasi dari pengalaman kedua. Dengan modal inilah akhirnya saya punya keberanian yang luar biasa. Saya nekat berangkat ke kota gudeg dengan niat ingin mencari beasiswa, sehingga bisa kuliah di sana. Karena ide gila ini dan atas izin Allah saya mendapatkannya. Ide gila ini hanyalah perantara saja, tetapi pada hakikatnya Allahlah yang berada dibalik itu semua.

Sudah siap menjadi orang gila?...[]
Padepokan Jiwa
Kawah Condrodiimuko


--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme