Sudah dua pekan, setiap hari sabtu pagi dan minggu pagi, kususuri jalan ring road utara. Jalan yang membentuk cincin dan jalan terbesar di kota Gudeg. Jalan ini menghubungkan semua kota Jogja. Sehingga jangan pernah takut kesasar di tanah Sultan Hamengkubuwono.

Fakultas Ekonomi, tempat itulah yang aku tuju. Di sanalah ku habiskan weekend bersama mahasiswa semester enam yang akan melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di bulan Agustus nanti. Meski hanya bertugas sebagai pemandu, dan share pengalaman sewaktu KKN dahulu, pengalaman ini sungguh luar biasa.

Jarang-jarang lho bisa berbagi ilmu dengan kawan-kawan mahasiswa. Ada angkatan 2008 dan ada juga angkatan 2009. Mereka rata-rata dari jurusan teknik sipil, arsitek, ada juga dari ekonomi dan teknik industri.

Berbagi pengalaman itu seru, apalagi bisa memberikan gambaran nanti ketika mereka KKN, rasanya senang banget. Untuk itu, selain berbagi kisah ketika KKN, aku juga membagi tips dan trik bagaimana menghindari konflik ketika KKN. Konflik dan masalah antar mahasiswa ketika KKN, biasanya ada saja dan itu tidak bisa dihindari. Biasanya sepele, tetapi akhirnya menjadi besar.

Kalau dibiarkan bisa berefek luar biasa dan tidak menutup kemungkinan merusak semuanya. Masalah itu muncul disebabkan karena perbedaan, entah karena berbeda cara pandang, menyikapi masalah, dan bisa juga karena konsentrasi jurusan yang mereka ambil (beda fakultas). Tips-tips KKN yang baik dan sukses menurutku :

Pertama, ketika  kumpul bareng di awal pertemuan, silakan sampaikan kepribadian masing-masing seperti apa. Tidak usah malu dan gak enak, toh tujuannya untuk kelangsungan KKN yang akan dijalani selama satu bulan penuh.

Sikap terbuka itu sangat diperlukan, apalagi di awal sudah disampaikan tentang kepribadian masing-masing individu. Sehingga teman-teman yang lain bisa mengetahui dan mengerti kepribadian teman barunya tersebut. Dari hal yang sepele, hingga yang paling penting bagiku itu penting untuk disampaikan.

Kedua, tanyailah teman-teman yang aktif di organisasi kampus, baik yang internal maupun yang eksternal. Sebab orang yang aktif di organisasi berpeluang ditunjuk untuk menjadi ketua. Bukan karena ke-aktif-annya sebagai mahasiswa. tetapi karena kemampuan kepemimpinan dan birokrasinya.

Birokrasi itu penting, sebab itu menyangkut tatakrama dalam menempatkan kedudukan atau jabatan seseorang. Dalam sebuah acara tentu ada orang-orang yang perlu diundang dan diberikan informasi khusus, entah itu melalui surat maupun hanya pemberitahuan lisan. Lebih bagus itu lisan dan tulisan. Dan yang mengerti masalah ini hanya mereka yang ikut organisasi.

Ketiga, tanya kemampuan atau passion teman-teman. Yang mahir di bidang ceramah bisa diandalkan sebagai pengisi acara pengajian dan lain-lain. Intinya adalah memanfaatkan potensi yang sudah ada untuk mengisi acara-acara tertentu, dan biasanya dadakan.

Keempat, saling mendukung satu sama lain. Sikap ini perlu dimiliki setiap individu. Selain untuk menjaga nama baik universitas, menjaga nama baik kelompok KKN ketika berada di tempatnya masing-masing. Kekompakan itu harus dibentuk di awal supaya bisa menyatukan tujuan dan rasa kebersamaan. Kompak dalam kebaikan itu sangat dianjurkan, tetapi dalam kejahatan atau keburukan, lebih baik jangan.

Kelima, menciptakan program yang bersahabat dan mendukung potensi yang ada di masyarakat. Pilihlah program kegiatan yang mampu mengangkat dan memberikan wawasan yang sifatnya mencerahkan masyarakat. Mengadakan program yang membantu meringankan masyarakat dengan menawarkan ide atau konsep yang mudah dipahami dan dilakukan oleh masyarakat.

Keenam, menjalani aktivitas yang sudah direncanakan dengan baik dan tepat waktu. Buatlah program KKN itu se-enjoy mungkin, semanis anda menikmati es krim coklat. Jangan lupa untuk menjaga sikap dan menunjukan keseharian yang baik ketika berada di tempat KKN. Kamu baik, masyarakat juga akan baik, tapi jangan sampe melakukan kebalikannya.

Jika ke enam poin ini sudah dijalankan pasti KKN itu akan lancar dan sesuai dengan harapan. Bagi yang mencari laporan KKN silakan bisa dibuka LINK INI

Semoga bermanfaat [Zah/]

  
--------------------

3 komentar:

  1. keren tipsnya bung... lumayan membantu sebagai koordinator kecamatan KKN sekarang ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe.. alhamdulilah kalau bisa memberikan manfaat untuk orang lain... Terima kasih atas kunjungannya... Salam kenal .... BTW dapat KKN di mana nich??... semoga sukses ya KKNnya.,,..

      Hapus
  2. Nice Info jangan lupa kunjungi http://jasakonsultanskripsisurabaya.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme