Alkisah, ada seorang raja yang menderita sakit kepala berkepanjangan, sehingga sulit untuk disembuhkan dan memanggil juru sembuh. Raja tersebut berkeliling ke beberapa negara untuk memperoleh kesembuhannya.

Sampai suatu saat dia bertemu dengan seorang tabib yang sangat sederhana tetapi kesaktiannya tidak diragukan lagi. Ketika sang raja mengeluhkan sakitnya, tabib itu dengan enteng menjawab “yang diperlukan Paduka adalah sering-sering melihat warna hijau” setelah berucap begitu, sang tabib dan juga petapa itu dengan santainya membalikan badan dan meninggalkan sang raja.

Karena kesohornnya, raja percaya kepada tabib itu,dan dia kembali kekerajaannya dan mengintruksikan agar semua benda di sekelilingnya di ganti warna hijau, dari cat tembok, seragam tentara, sampai gelas dan piring. Setelah itu, benar, ternyata sakit yang diderita sang paduka raja sembuh.

Raja sangat bahagia dengan kesembuhannya, walaupun ada beberapa kerabat yang tidak suka dengan apa yang terjadi, karena kini tidak ada warna lain selain hijau.

Beberapa bulan kemudian, raja mendengar bahwa tabib yang pernah menyembuhkannya berada di kota mana dia tinggal. Raja meminta perajurit untuk menjemput tabib sakti itu ke kerajaannya.

Setelah bertemu, raja memberikan hadiah serta menjamu orang yang berjasa ini. Raja mengajak tabib berkeliling sambil memperlihatkan bahwa apa yang dinasihatkannya telah dilaksanakan dan benar terbukti menyembuhkannya.

Tabib itu dengan sangat tenang dan muka yang datar berkata “baginda, apa yang anda lakukan? Mengapa anda mengubah istana menjadi satu warna?” dalam kebingungan baginda menjawab, “bukankah itu yang kau sarankan, agar saya banyak melihat warna hijau?”

“ya, saya memang bilang begitu, namun mengapa anda ganti semuanya yang ada di sekitar dengan warna hijau, bukankah lebih bijak bila anda sendiri yang memakai kacamata berwarna hijau.”

buku : Happiness Inside
Penulis : Gobind Vashdev

--------------------

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme