Sekolah Baan Gaeng Wittaya
Film yang cocok dan saya kira bisa dijadikan rekomendasi untuk ditonton, terutama bagi calon guru. Selain kisahnya unik dan seru, kisah dalam cerita ini bisa menjadi refleksi bagi guru-guru kita saat ini. Guru yang mengajar di tempat terpencil sekalipun harus punya semangat dan bisa berpacu untuk memajukan pendidikan.

Silakan ditonton.

Guru perempuan ini tidak terima dikatakan sebagai guru yang tidak baik, hanya gara-gara tato bintang yang ada di tangannya.

Kepala sekolah meminta untuk menghapus tato itu sekarang juga, jika tidak mau maka akan dipindahkan.

Guru perempuan ini tetap tidak mau dan memilih untuk dipindahkan ke sekolah terpencil.

Itulah sekolah terpencil itu, hanya memiliki beberapa siswa saja.

Danau Mae Ping
Suasana Kelas

Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera dengan Bu Guru Gigi dan Bu Ann
Buku Diary Bu Ann yang menjadi inspirasi Pak Song
Bu Ann adalah guru yang cerdas dan bisa mengajar anak-anak dengan baik. Tetapi Bu Ann tidak bisa mengubah cara berpikir anak-anak yang latar belakang orangtuanya adalah nelayan. Terbukti ketika ada salah seorang anak yang enggan untuk bersekolah dan memilih untuk membantu ayahnya mencari ikan. Bu Ann menyerah dan tidak bisa meyakinkan Si Anak tersebut.

Berbeda dengan Pak Song yang tidak terlalu pintar dalam mengajar, tetapi dari didikannya, anak-anak mampu diajak 'berubah' dalam cara berpikir. Ketika menyampaikan pelajaran di kelas tentang jarak tempuh dengan kereta, sang anak bertanya... "Bagaimana saya bisa mengerti sedangkan saya belum peranh naik kereta.."

Seketika itu juga Pak Song menarik sekolahnya dengan perahu. Ia mengibaratkan perahu itu adalah kepala kereta (lok) dan sekolah yang ditarik adalah gerbongnya. Ketika Pak Song meyakinkan orang tua Si Anak Pelayan, Ia mengatakan "Saya akan membantu anda mencari ikan, asal Si Anak ini terus sekolah"


--------------------

2 komentar:

  1. sudah,, benar-benar movie recommended banget utk calon guru terutama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling lucu si Kecil Meuk pas bilang Ngu.. ngu.. ngu... (Ular, ular, ular) hahhahahaa.. Terus pas ditanya tentang surat dari Pak Song, Meuk mengejanya..

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme