Siswa yang "nakal" itu bernama Naila dan Arina. Sebetulnya mereka berdua tidak nakal, hanya saja istilah  nakal itu saya berikan tanda kutip agar terkesan lebih wah atau lebih menarik. Naila dan Arina adalah kelas XII-A1 (dua belas IPA 1). Setiap saya masuk kelas hampir dua orang ini tidak ada, sempat sekali pertemuan mereka hadir tetapi kedua, ketiga dan keempat mereka tidak pernah ketemu lagi.

Saya kenal dengan mereka ketika mendapatkan tugas PPL (praktik pengalaman lapangan) di MAN Yogyakarta 3 atau yang lebih familiar dengan sebutan MAYOGA. Saat itu saya mendapatkan amanat untuk mengajar pelajaran Qur'an Hadits selama kurang lebih empat pertemuan di kelas mereka dan selebihnya di kelas XI-A4.

Kelas mereka sebetulnya enak, gokil dan lebih dewasa. Mereka sudah bisa menentukan pilihan mana yang terbaik dan yang tidak baik, sehingga lebih mudah untuk diatur. Tetapi karena kondisi pemabgain jadwal mengajar saya yang cukup tidak strategis mengakibatkan semuanya terasa berat. mengutup perkataan salah satu dosen di kampus "siang hari merupakan perjuangan terberat, karena tantangannya lebih berat;ngantuk, capek, kesel dan semuanya campur aduk".

Kembali ke Naila dan Arina, karena mereka tidak pernah ikut pelajaran bahkan tidak ikut ulangan harian pula, sehingga mau tidak mau mereka harus ikut remidi. Tugas yang saya berikan untuk mereka cukup berat tetapi dalam keyakinan saya dengan tugas tersebut justru mereka akan paham dan menguasai pelajaran, sehingga dapat mengejar ketertinggalan dari teman-temannya.

Tugas tersebut adalah mereka harus menulis rangkuman dari pertemuan pertama hingga pertemuan sebelum Ulangan harian. Tugas tersebut merupakan hukuman bagi keduanya karena jarang ada dikelas. Sebetulnya mereka tidak mengikuti pelajaran dikarenakan ada tugas madrasah (TM) biasanya untuk perlombaan atau lain-lain. Sebetulnya mereka adalah siswi yang hebat dan memiliki prinsip, organiasi dan sekolah adalah lahapan mereka. "kelak mereka akan menjadi orang yang sukses" AMIIIN.[]


--------------------

2 komentar:

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme