Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu, karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (QS. Al-Insyirah [94] : 1-8)

Sebuah surat di atas merupakan penghibur bagi saya. Bahkan surat ini salah satu penyemangat saya dalam menjalani semua aktivitas yang saat ini “bermasalah” menurut saya. Karena permasalahan yang kini saya alami sangat berat dan butuh kekuatan ekstra untuk mengendalikannya.

Hanya dengan membaca surat ini berulang-ulang, dan memahami artinya sedemikian dalam dan luasnya sehingga “masalah” ini agak berkurang dan saya sedikit tenang. Saya percaya dengan isi pesan yang allah sampaikan dalam surat ini. Terutama dengan kata-kata “sesudah kesulitan itu ada kemudahan” saya sangat percaya dengan ini semua.

Apapun masalahnya hadapi dan terima saja. Ini adalah perjalanan yang harus saya lalui. Ada beberapa fase yang harus saya alami dan fase ini sudah Allāh atur untuk mengulanginya. Ini pertanda Allāh sayang, supaya saya jadi lebih baik dan terus baik. Bisa jadi saya belum lolos tes di fase ini, sehingga harus diulang beberapa kali lagi.

Mungkin saya harus fokus ke pekerjaan yang lain dan mengejar niat yang dahulu saya utarakan sebelum berangkat ke kota gudeg ini. Bisa jadi, secara tidak langsung mungkin saya telah disinggung secara halus oleh Allāh supaya back to niat. Sedangkan “masalah” yang saat ini saya hadapai, kelak juga kelar sendiri. Toh semuanya sudah sama-sama ngerti.

Kuncinya sabar dan tawakkal pada Allāh. Raih tujuan dan selesaikan semuanya dengan tepat waktu. Tayaqanū... Innallāha ma’aka []

--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme