Tak ada yang tahu tanggal berapa tepatnya saya dilahirkan. Orang tua pun sudah tak ingat tangal berapa dan tahun berapa saya dilahirkan. Ya maklum, orang tua dulu tidak terlalu mementingkan tanggal dan tahun kelahiran anaknya. Lahir dengan normal dan sehat, bagi mereka sudah cukup. Orang tua saya cuma ingat hari lahirnya saja, yaitu sekitar pukul 02.00 wib hari sabtu. Hari itu bertepatan dengan pengajian rutin kampung kami yang sering dilaksanakan sabtu pagi.

Selepas dari Sekolah Dasar (SD), saya melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Perbedaanya jarak kayaknya hampir sama, hanya saja kalau sekolah SD itu berangkatanya ke arah barat, sedangkan MTs ke arah timur. Baru sekitar tiga bulan masuk sekolah MTs, musibah itu menimpa kami. Pukul 02.00 rumah kami mengalami kebakaran hebat dan semuanya ludes tak bersisa.

Tiga tahun kemudian, Kepala Sekolah (KEPSEK) mengumumkan bahwa untuk Ujian Nasional harus menyerahkan Izajah dan lain-lain. Sejak saat itu kami baru sadar bahwa semuanya telah hilang tak bersisa. Data dari SD juga tidak ada. Akhirnya kepsek lah yang membuatkan syarat-syarat saya semuanya, termasuk tempat dan tanggal lahir yang saat ini saya pakai di KTP, Ijazah, KTM, ATM dll.

Saya ingat betul, alm. Pak Romli (kepsek) berkata seperti ini : "Jul, Mir... ini tempat dan tanggal lahir kalian, diingat ya....." Saat itu kami hanya bisa memanggutkan kepala. Sempat ada keinginan merubahnya kembali, kala itu tepatnya ketika pembuatan KTP. Saya katakan begini : "Nanti kalau diubah, otomatis yang lain harus diubah semuanya juga, termasuk ijazah MTs, KK, STTB, dll. Nanti malah repot lagi.. biar kayak gini ja, gak apa..." tandas saya kepada sang kakak.

Hali ini, menurut saya secara tidak langsung mengenang kembali kepsek kami, yaitu (alm) H. Romli. Semoga beliau mendapatkan tempat di sisi Alláh, amalannya sewaktu di dunia diterima, dan mudah-mudahan di masukan ke dalam syurga. Amiin. Bisrri al-Fátihah...


--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme