I. CERMIN DIRI
Apakah image itu? Dalam kamus oxford, impression that a person, company, product etc gives to public. Gambar, kesan, tara, bayangan kemudian bila kita kaitkan dengan masalah yang saya alami serta yang saya peroleh dari membaca buku-buku Bapak Imam Mujiono, dapat saya tarik kesimpulan bahwa gambar diri merupakan sebuah bayangan yang mennyerupai aslinya, sehingga hal itu mengakibatkan munculnya penilaian seseorang terhadap orang lain yang disebabkan oleh perilakunya itu.

Sebagai contoh Budi adalah seorang penganguran lulusan SMA, ia mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya, kemudian Budi menemukan lowongan pekerjaan dari salah satu koran yang terbit pada hari tersebut. Maka segeralah ia memenuhi persyaratan-persayaratan yang diminta oleh perusahaan tersebut, setelah menunggu selama seminggu akhirnya ia masuk dalam penyeleksian dan diminta untuk datang minggu depan ke perusahaan tersebut untuk interview.

Dengan senang hati ia menerima kabar tersebut. Setelah ia interview rupanya ia tidak bisa diterima karena peraturan yang diterapkan oleh perusahaan tersebut sangat berdisiplin, dengan masalah seperti itu akhirnya ia ditolak. Tahukah anda kenapa budi ditolak? padahal nilai rapornya sangat memuaskan dan juga baik, serta ada beberapa perlombaan yang ia ikuti maka dialah juara pertama.

Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh budi ternyata ia datang ke tempat interview dengan terlambat, tidak tepat waktu. Oleh karena itu inilah yang membuat ia gagal ketika hendak memasuki dunia kerja, hal ini memang sepele akan tetapi ini adalah awal dari image yang menjadi pandangan seseorang terhadap diri kita. Oleh karena itu, yang harus kita lakukan adalah membuat kesan pertama begitu meyakinkan dengan datang sebelum acara interview dimulai, kalo bisa lima atau sepuluh menit sebelum acara dimulai kita telah datang dan itu menambah nilai tersendiri bagi kita. Ciptakan pengaruh pertama dan buatlah saat diawal jumpa sebagai momen terbaik, sehingga pesan pertama begitu mengagumkan.

Gambar diri merupakan sikap yang sangat nyata yang ditampilkan seseorang yang diakibatkan oleh stimulus disekitarnya. Gambar diri menjadi tumpuan seseorang ketika seseorang menilai tentang perilakunya apakah baik ataukah buruk, jahat, pemarah, sabar, penyayang, pemaaf serta bijaksana ataukah tidak. Dalam bukunya Paul Hanna dijelaskan bahwa jika kita mampu mengnelali diri kita tentu semua hal akan mampu kita ketahui termasuk kesuksesan.

Gambar diri merupakan icon atau modal untuk diri kita dalam menentukan arah kesuksesan yang kita miliki dimasa depan, jika kita mau optimis tentu semua jalan akan terbuka lebar untuk kita serta hidup ini tidak akan terasa sulit. Seperti yang pernah saya sampaikan dalam presentasi saya kemapa kita seling gagal? Karena kita sendirilah yang membuat kegagalan, kita sering mengatakan “tidak mungkin” dan merasa tidak yakin dengan apa yang ingin ita cita-citakan.

Jadi, jangan sekali kali mengatakan sukar dalam suatu hal apapun karena hal itu akan merubah mindset yang ada pada diri kita. Sebagai contoh orang yang mengatakan bahwa hidupnya selalu sulit maka selamanya akan sulit, akan tetapi bila seseorang yang mengatakan bahwa hidup ini nikmat tentu tak pernah ada masalah baginya.

Sehingga dari hal yang terkecil dahulu yang harus kita rubah, mulai dari kebiasaan mengatakan yang buruk diganti dengan kata kata yang baik, yang kasar menjadi kata yang halus, yang tidak sopan menjadi sopan sehingga dengan begitu peubahan itu akan terjadi dengan sendirinya. Tentu hal yang pertama kali kita peoleh adalah lebih sabar dan tidak mudah marah, menjadi sosok yang dewasa ketika diminta pendapatnya, serta mampu mengatasi masalah sendirian tanpa bantuan orang lain.

Ketahuialah jika peroses gambar diri itu bermula muncul dari penilaian seseorang terhadap diri kita, bermula dari sinilah image muncul dengan sendirinya tanpa ada yang memulainya. Seperti yang pernah saya sampaikan jika kita melamar pekerjaaan kepada perusahaan, tentu kesan pertama itulah yang akan kita berikan kepada mereka untuk meyakinkan bahwa kita ini layak bekerja di perusahaan yang dimana posisi ia bekerja saat itu. Ingat bahwa image sebuah perusahaan di tampilkan oleh para karyawannya, karena pelanggan menilai dari cara dan bagiman karyawan itu memberikan sebuah pelayanaan terhadap pelanggannya.

Ketika para pelanggan datang meminta bantuanya kepada mereka, jika pelayanan yang di sajikan sangat tidak baik tentunya mereka akan menilai kualitas kerja para karyawan dan kualitas kerja perusahaan tersebut apakah sietem kerja yang kurang disiplin, entah yang lain sebagainya. Sehingga sekali lagi perlu diketahui juga jika gambar diri merupakan tolak ukur bagi seseorang ketika dalam “menjual dirinya” sehingga banyak yang kurang memahami dan mengerti akan kegagalan mereka disebabkan oleh hal semacam ini.

II. BAGAIMANA MENJADI ORANG LAIN
Dalam buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja Untuk Anda , saya menemukan kata-kata yang begitu mempesona, sehingga ide-ide baru itu muncul dengan sendirinya, entah itu sedang sendirian atau pun sedang kumpul bersama teman-teman sekamar, sedang diskusi, ngobrol, bahakan sedang menonton televisi.

Setela saya membaca buku ini saya merasakan efek yang sangat baik sekali, bagaimana kita memanage cara kita berpikir (mind set) bagaimana kita bertindak (do) bahkan bagaimana kita bersikap (attitude). Ternyata banyak sekali kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dalam hidup ini, sehingga mempengaruhi kesuksesan dan masa depan kita. Mau jadi apakah ? kemanakah? dan dengan apakah? Pertanyaan yang sepele ini, jika kita mampu menjawabnya maka semua kegagalan yang kita jalani akan mudah di delet. Akan teteapi cara mendelet dan memformat inilah yang salah, bahkan tidak benar sehingga malah virus itu masuk dan bertambah banyak dan menyulitkan kita sendiri untuk mendeletnya walaupun dengan menggunakan anti virus yang terbaru saat ini.

Demikian juga dengan hal-hal yang kita alami saat ini yaitu sangat mirip sekali denagan virus yang ada dalam laptop ataupun dalam komputer anda, dan yang harus kita ketahui adalah bagi mana menggunakan flashdisk yang baik agar virus itu tidak masuk sehingga selalu bersih, dan ini akan mempermudah proses cara kerja flashdisk itu sendiri. Tugas kita adalah bagaimana menjaga nya agar bebas dari virus, tidak menyusahkan orang lain, serta membuat pemiliknya pemiliknya bangga sengan apa yang ia miliki.

Dalam pertandingan sepak bola itu ada seorang pengontrol pertandingan yang sering kita kenal sengan sebutan wasit. Tugas dari seorang wasit adalah menjadi penengah dalam pertandingan, serta mengatur jalanya pertandingan agar berjalan dengan baik serta menjalankan pertandingan itu se-fair mungkin dan bebas dari pelanggaran-pelanggara yang dapat mengakibatkan pemain cedera.

Kita selaku penonton tidak pernah sadar, jika tugas seorang wasit itu sangat berat ia harus memutuskan sebuah keputusan yang sangat cepat ketika pelanggaran itu terjadi, kita sebagai penonton hanya bisa menyela dan memberikan judge kepada sang wasit dengan kata-kata yang kurang nyaman untuk didengar. Apapun yang diputuskan oleh wasit itu merupakan tugas dan pekerjaanya sang wasit, adapun salah ataupun benar itu memang murni apa yang dilihat seketika itu oleh matanya, jadi wajar jika sang wasit melakukan kesalahan karena apa yang wasit lihat terkadang tidak sama dengan apa yang kita lihat.

Hal itu memang keputusan yang harus diambil, apa lagi wasit untuk piala dunia mereka harus se-fair mungkin dalam meniup peluit, apakah pelanggaran biasa, kartu kuning, ataukah kartu merah. Disinilah seorang wasit harus bekerja seekstra mungkin, karena hal ini merupakan pekerjaan sangat rentan dengan emosi soial, jika terjadi kesalahan sedikit saja maka akibatnya akan fatal.

Satu hal yang ingin saya katakan ”apakah kita pernah berpikir bagai mana posisi kita, jika menjadi seorang wasit? ” keputusan-keputusan yang kita ambil harus se-fair mungkin agar tidak ada unsur berat sebelah atupun memihak kepada tim salah atu dari pertandingan itu. Jika saja hal yang saya katakana memang terjadi maka tamatlah riwayat anda karena ribuan penonton yang menyaksikan anda menjadi pengamat keputusan yang anda ambil pada saat itu yang menurut anda itu baik, padahal menurut orang lain itu tidak benar. Maka anda juga akan mengatakan hal yang demikian, “coba saudara sekarang dalam posisi seperti saya.”

Janganlah sekali-kali kita langsung men-judge seseorang yang mana kita sendiri tidak pernah tahu akan sulitnya pekerjaan tersebut, jangan mudah menghukumi seseorang karena dari cara ia bertindak sepontanitas karena hal itu merupakan sebuah tuntutan pekerjaan. Ketika kita membayangkan menjadi orang lain maka tidak akan semudah itu dalam men-jusge seseorang yang melakukan kesalahan ataupun tidak sesuai menurut pandangan orang banyak, malah kita akan lebih membela ketika ia melakukan kesalahan.

Bagaimana sikap kita ketika menjadi dirinya? Belum tentu apapun yang kita lakukan lebih baik dari yang pernah ia kerjakan, karena seseorang yang diluar album fhoto mampu mengetahui dimana letak bingkai itu,akan tetapi jika posisi kita ada didalam fhoto itu maka kita tidak tahu bingkai yang menghiasi kita. Maka sifat yang seperti ini tiak akan muncul jika kita menanamkan metode ini yaitu bagaimana kita menjadi orang lain? Sehingga sekali lagi buang jauh-jauh sifat mudah mencela orang lain belum tentu kita bisa lebih baik darinya. Ingat setiap orang memiliki kelebihan masing-masing, La tahtaqir man duunaka falikulli saiin majiatun 

A. BERPIKIR DENGAN BENAR
Apakah anda mengkontrak, tempatnya kecil serta kumuh? Berapa kalikah anda maka setiap hari? Dengan apakah anda makan setiap hari? Jika ingin sukses maka bacalah tulisan ini dengan benar..!

Dalam hidup banyak sekali hal yang harus kita pikirkan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembli, jadi wajar ketika kebanyakan manusia merasa betah tinggal di dunia ini karena semakin mendalami dunia semakin terasa nikmat itu. Bayangkan jika setiap hari bangun selalu di suguhi pemandangan yang sangat menyejukan, setiap kali bangun selalu tersenyaum tidak pernah merasa cemberut ataupun merasa bingung harus berbuat apa, tidak pernah memiirkan hari ini apa yang bisa saya kerjakan untuk makan keluarga, kapan bayar hutang bulan lalu dan siapa yang bisa saya pinjami uang hari ini.

Inilah cara berpikir orng yang salah, ia hanya memikirkan sesuatu yang sedang ia lakukan tanpa memikirkan solusi yang dapat membuat hidupnya berubah. Sebenarnaya jika ia merubah pola pikir seperti itu dengan berpikir dengan mencari solusi tentunya secara tidak sadar ia akan sukses sedikit demi sedikit, dengan memfokuskan diri kepada solusi itu akan membawanya dalam kontrol hidup bagai mana seharusnya ia berbuat agar mampu merubah apa yang dirasakan selama ini.

Konsep berpikir dengan benar merupakan langkah awal yang paing baik sebelum memulai semuanya, karena dari langkah yang awal inilah semuanya akan bisa berubah, karena hal ini merupakan pokok dasar untuk merubah segalanya. Berpikir adalah fungsi tertinggi dari kemampuan manusia itulah yang dikatakan oleh bob proctor , sedangkan jika menurut Stenberg salah atu dosen yale university amerika pikiran digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi diataranya:
  • Fungsi legislatif yaitu menciptakan, merencanakan, mengimajinasikan, dan merumuskan
  • Pungsi eksekutif yaitu menjalankan atau melakukan apa yang telah dirumuskan dipikiran
  • Fungsi yudikatif yaitu mengoreksi, menilai, atau membandingkan untuk memperbaiki diri.
B. BERSIKAP DENGAN BENAR
Sikap yang benar dilahirkan oleh cara berpikir yang benar, maka jika hal ini mudah ditemukan maka kesusesan itu akan segera anda miliki dengan segera. (Amir Hamzah)

bagaimana sikap anda jika mendapatkan pujian, mendapat hinaan atau yang lainnya? Tentu semua sikap yang ada pada diri anda itu selalu berubah-ubah. Kenapa demikian? Enegi positif yang dikirimkan oleh seseorang akan diterima oleh otak kita dan dicerna melalui mesin penerima yang ada dalam diri kita, energy positif itu kemudian di kirimkan keseluruh anggota tubuh sehingga memberikan kekuatan yang dahsyat. Percaya ataupun tidak dalam sebuah penelitian di jepang bahwa air itu dapat dibedakan ketika di ucapkan kata-kata yang baik, serta dengan diucapkan kata kata yang buruk. Secara otomatis air itu memberikan respon yang baik.

Dalam kehidupan sehari hari ada satu hal yang kita lupakan tentang pembahasan kita yaitu bagaimana berbuat dengan benar, suatu hari saya mendapatkan teman yang membuat kartu tanda penduduk double dengan alasan untuk mengikuti sebuah perlombaan tentunya ktp yang baru itu berbeda dengan yang sebelumnya, tanggal lahirnya dibuat lebih muda dengan alasan bisa masuk lomba.

Apa yang terjadi ketika kita merubah hal tersebut semua identitas yang pernah kita buat harus berubah dari kartu keluarga, rapor, ijazah, sim dan sebagainya kalao hal itu tidak dilakukan maka kebohongan itu akan terbongkar dengan mudah. Yang tidak habis saya pikir adalah kok mau berbuat seperti itu! Padahal dampaknya sangat besar dan merugikan diri sendiri.jika saja nantinya terbongkar kebohongan itu maka khalayak umum akan mengetahui semuanya.

Dalam buku Kedahsyatan Berpikir Positif, saya banyak sekali menemukan tentang langkah awal untuk memperbaiki cara kita berpikir, diantaranya adalah dengan berpikir positif. Kenapa demikian ? jawabannya adalah jika kita berpikir positif maka hasilnyapun akan positif, lain halnya jika kita memulai hal yang negative maka hal yang serupa akan kita terima juga, seperti yang saya tuliskan diatas mereka akhirnya tidak bisa ikut lomba dan hanya dapat kesempatan sekali tampil dan mereka kecewa berat.

Seperti itulah kehidupan hokum alam yang berlaku barang siapa memulainya dengan kebaikan maka balasan itulah yang akan diperoleh bila sebaliknya tentu negative yang akan kita terima, oleh karena itu tolaklah sesuatu yang pada waktu anda memulainya dengan jalan yang salah ataupun negativ karena itu akan berakibat pada diri kita sendiri.

C. BERTINDAK DENGAN BENAR
Tindakan yang anda ambil merupakan langkah yang terbaik pada saat itu, kemudian akan tampak kurang baik bahkan salah ketika kita menemukan solusi yang terbaik setelah itu. Bertindak dengan baik dan benar merupakan implikasi dari yang telah saya bahas diatas, sehingga akan menghasilkan hasil yang sempurna.

Apakah posisi yang akan anda ambil ketika ditawari bekerja disalah satu perusahaan yang terkenal? Tentu hal yang kita lakukan adalah melihat kapasitas diri kita sendiri, sampai sejauh mana kapasitas diri kita dan apa yang mampu kita lakukan. Jangan mentang mentang disuruh memeilih memilih yang tidak sesuai dengan kapasitas diri tentunya hal itu akan mengakibatkan rusaknya system bahkan bisa menjadi bangkrut.

Sehingga sekali lagi, jika kita mau jujur dengan kapasitas diri untuk mengambil tindakan yang tepat, itu sangat tidak mungkin karena semua orang hampir mementingkan materil semata yang ia lihat hanya aspek untung dan uang, jika mau menjunjung kejujuran pada diri sendiri dan sadar akan kemampuan diri sendiri pastilah akan memperoleh semua itu dengan mudah. Asal kitaa yakin hal itu akan terjadi kepada kita.

Dalam buku Membentuk Karakter Sukses di bahas tentang masalah keselarasan hidup sikap yang selarasterjadi bila manusiatahu dengan kedudukan, dalam artian anda akan hati-hati dalam berurusan yang melibatkan orang lain. Sikap kesabaran, rendah hati dan kesopanan akan menolong anda dalam menjalin hubungan masyarakat sehingga itu akan mempengruhi jalan hidup dan relasi yang anda bentuk.

III. MENGONSEP PERSONAL IMAGE DENGAN BENAR
Dalam rangka mengonsep semua itu tidak mudah, akan tetepi jika ada kemauan hal tersebut akan terlaksana dan akan menjadi mudah.cara mengkonsep personal image tentunya dengan beberapa cara yang telah saya siapkan buat anda, memang hal ini sepele akan tetapi dampak atau nilai positif yang akan anda dapat akan selalu mengalir bagaikan air. Jangan ragu untuk mencoba serta yakinlah bahwa anda akan memperoleh apa yang anda inginkan.

A. JANGAN MELECEHKAN ORANG LAIN
Tidak pernah kita sadari jika kita pernah melecehkan orang lain, entah itu dengan mengejek, menghina, mentertawakan orang lain ketika salah. Secara tidak sadar hal tersebut merupakan iamge yang tampil pada diri kita dalam alam bawah sadar. Dengan mudah kita melayangkan hinaan kepada seseorang padahal diri kita sendiri yang seharusnya merasa hina, karena hal tersebut itu salah. 

B. JANGAN MENYEPELEKAN HAL KECIL
Anda tahu jika mencontej itu adalah perbuatan yang jelek bahkan tidak terpuji, di singapura siswa yang melakukan hal seperti ini dikeluarkan dari sekolah, tujuan mereka agar para peserta didik mampu percaya diri dengan ilmu yang mereka miliki serta menumbuhkan semangat untuk belajar ketika tidak bisa atau belum menguasai pelajaran.

Hal iani sangat bertolak belakang dengan rakyat Indonesia malah lembaga ekolah berlomba-lomba memberikan bantuan untuk peserta didik agar bisa lulus ujian nasional, karena mereka beranggapan jika ada yang tidak lulus maka nilai jual sekolah mereka akan menurun dan kurang diminati oleh masyarakat. Padahal perbuatan yang sepele ini akan selamanya menempel menjadi kebiasaan yang sulit untuk dilepaskan dari perilaku seseorang, sehingga akan ia bawa sampai ke anak cucunya kemudian. 

IV. HIDUP SUKSES DENGAN PERSONAL IMAGE
Bagaimana kita sukses dengan personal image? Mari akan saya tunjukan solusi yang sangat menakjubkan dan saya yakin dengan seratus persen anada akan berhasil jika melakukannya.dalam buku agar siapa saja mau melakukan apa saj untuk anda, terdapat banyak sub bahasan yang sangat menarik, dari buku itu kita diajari bagaimana mengetahui karakter orang lain dan bagaimana kita menjadi seseorang yang mampu menjadi sangat berarti untuk dirinya, serta trik bagaimana teman kita dapat menepati janjinya dengan yang telah ia sepakati.

Pada bab pertama buku ini membahas tentang agar siapapun menyukai anda setiap saat … dalam buku yang sangat bagus ini dijelaskan bahwa tentang hukum pergaulan, aktualisasi diri, saling menyukai,persamaan, cara menarik seseorang, menyesuaikan diri serta banyak lagi bahasan yang sangat sangat menarik.

Jujur buku ini membuat saya merasa terbantu dengan hal hal yang ada di sekeliling kita serta langakh apa yang ahruskita ambil kala itu. Dari kesimulan buku ini pada bab pertama dari judul agar siapapun mencintai anda setiap saat isinya sebagi berikut:
  • Beradalah di sekitar orang sesering mungkin, karena keakraban menumbuhkanrasa saying, bukan rasa benci.
  • Jika hendak berbicara dengan seseorang, lakukanlah ketika suasana hatinya baik, sehingga hokum pergaulan dapat berlaku. Bicarakanlah minat atau pengalaman yang sama-sama pernah kalian alami dan cobalah untuk lebih bnayak mendengar, jangan terlalu banyak bicara.
  • Terapkan hokum saling menyukai jiaka anda menghormati anda atau mengagumi sesuatu yang ada pada dirinya, pastikan diamengetahui hal ini.
  • Buatlah ia melakukan sedikit kebaikan pada anda, tetapi pastikan bahwa hal itu tidak mengandung kesan perintah. Hal ini menciptakan motivasi tak sadr dia untuk lebih menyukai anda.
  • Bangunlah jembatan psikologis dan lakukanlah komunikasi dengan meniru gerak tubuh dan menyesuaikan diri dengan tempo dan nada bicaranya.
  • Kita tertarik pada orang-orang yang percaya diri. Tunjukan kepercayaan diri anda dengan mampu tertawa pada diri anda sendiri dan tidak tidak menjaga penampilan.
  • Buatlah ia merasanyaman. Jadilahorang yang penuh pengertian, baik hati,tulus, dan hangat.
Untuk itu, milikilah sikap mental yang positif. Kita tertarik pada orang yang antusias, bergairah, periang, dan aktif. Agar siapapun memendang anda sangat menarik, karena cenderung lebih menyukai orang yang kita anggap menarik, baiksesama jenis ataupun lawan jenis.


DAFTAR PUSTAKA

Hanna, Paul. You Can Do It. Jakarta. Erlangga.2002

Hasanah, Uswatun. Membentuk Karakter Sukses. Yogyakarta. Harum Group.2004

Lumsden, j. Langkah-Langkah Praktis Meraih Sukses. Jakarta.Mega Media Abadi.1988

Lieberman, David j. Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja Untuk Anda. Jakarta. Serambi.2009

Ubaedy, A.N. Kedahsyatan Berpikir Positif, Depok.Vision 03.2007


--------------------

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme