Lahir atau melahirkan berarti mengeluarkan anak, dengan kata lain beranak. Lahir juga bisa diartikan sebagai bagian terluar dari sesuatu, atau dalam bahasa arab dikenal dengan kalimat lahiriyah.

Seorang kawan dari Melayu (tepatnya dari Patani - Thailand) nyeletuk ngomong begini: “Bang, lahir itu artinya beranak kan?..” tanyanya padaku. “Kok di Indonesia yang dipakai "Mohon maaf lahir dan batin” lanjutnya. “Kalau di kami pakenya dzahir dan batin…” ia menegaskan gagasannya.

Oh.. Kata lahir di situ sebetulnya hanya kependekan dari lahiriyah.. ” jawabku. Lalau kulanjutkan jawaban tersebut. “Kata dzahir dan lahiriyah boleh dikatakan sama. Dan kenapa kata lahiriyah tidak dipake, sebab ada kata batin. Jika kata yang dipakai lahiriyah, maka kata batin juga harus diganti menjadi bathiniyah..”

Setelah mendengar pemaparan yang sedikit, rasanya sang kawan dari Melayu ini jadi paham. Tapi yang kini bergejolak dalam hatiku. Padanan yang pas untuk merubah ucapan dalam bahasa indonesia secara utuh rasanya cukup sulit dan terdengar aneh.

Mohon maaf luar dan dalam..” sepertinya kalimat ini bisa menggantikan kata-kata asing yang selama ini kita pakai. Tetapi isi kalimatnya menjadi terdengar kaku dan aneh. Ternyata di sini membuktikan bahwa bahasa memiliki kelemahan, tidak hanya sekedar jumlah hurufnya saja yang masih kekurangan.

Dengan kata lain, kita tidak bisa lepas dari kata-kata asing. Terlebih kata itu sudah menjadi baku dalam kehidupan kita. Tidak salah jika kata-kata bahasa arab-lah yang paling banyak kita pakai. Selain padanannya yang sulit dicari, bahasa arab juga memiliki keunggulan.

Selain itu, bahasa arab adalah bahasa alquran, dan juga bahasa penduduk syurga. Unggul dalam segalanya ya cukup wajarkan? Misalnya saja kata hikmah, dalam bahasa arab hanya satu kalimah/kata. Tapi jika dijelaskan dalam bahasa indonesia bisa menjadi panjang.

Allahu'alam.

--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme