SELEPAS menikah, aku tinggal bersama mertuaku. Karena mertuaku dikenal seorang guru ngaji dan ustadz, maka sebagai menantu baru ada saja celah untuk mengetes. Apalagi ketika pertama kali sholat di mushola tempat istriku tinggal.

Awalnya menolak disuruh jadi imam, dan beralasan masih banyak yang lain. Tapi akhirnya nurut juga. Mau gak mau emang harus siap dan serba bisa. Alhamdililah jadi ketagihan masyarakatnya. Katanya sih suaranya manis dan gurih.

Tak hanya disitu, ketika kebingungan mau ngadain hiburan masyarakat, para pemuda setempat lagi-lagi melibatkanku untuk mengkonsep acara. Alhamdulilah semua puas, dan mereka minta tahun depan biar lebih seru lagi. Ujung-ujungnya aku juga disuruh tinggal lebih lama disitu.

Hanya saja, Pekerjaan Rumahku masih banyak. Misalnya saja, ngaji Nahwu dan sorofku dulu setengah-setengah. Jadi belum bisa ngaji kitab kuning alias kitab gundul. Padahal itu ilmu yang paling pas untuk bermasyarakat.

Kalau aku bisa, dan mahir, yang akan dikaji bukan lagi kitab fiqih, tapi kitab akhlaq dan tasawuf, seperti kitab Nashaihul ‘Ibad karya dari Syeh Nawawi al Jawi. Lalu kitab tauhid, semisal kitab Jauar at-tauhid, agar keimanannya teguh.

Biar pada tambah pinter, hatinya pada tentram dan damai. Tak ada yang dendam - dendaman dan saling menjelekkan, tapi lebih ke memaafkan. Saling merukunkan itu yang paling penting. Sebab, tak ada keindahan selain ukhuwah dan jamaah.

Pekerjaan Rumah yang kedua adalah menggalakan remaja ke arah pergaulan yang positif. Mengisi dan membuat acara yang bisa menyelamatkan masa depan mereka ke arah yang lebih baik. Syukur-syukur bisa menggandeng pihak lain yang berwenang untuk memberikan sejenis pelatihan dan soft skill.

Pekerjaan rumah yang ketiga, yaitu menyediakan sarana belajar tambahan bagi siswa dan siswi. Tidak hanya bidang pelajaran sekolah yang berbentuk bimbingan belajar (bimbel), tapi ke arah kreativitas dan seni juga. Tentunya ini di luar jam sekolah pagi dan sore (khusus pada waktu libur sekolah).

Semoga saja ada jalan…

_

--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jangan lupa, biar cakep dan cantik silakan ninggalin satu atau dua patah kata. Apa pun komennya boleh, yang penting sopan dan tdk promosi.

Amir Hamzah Copyright © 2009 - 2015 | Template : Yo Koffee | Design By : Designcart | Modif By : amirisme